Begitu banyak definisi tentang e-business yang
terdapat dalam literatur dan internet. Berikut ini
adalah beberapa di antaranya:
a. E-business adalah praktek pelaksanaan dan
pengelolaan proses bisnis utama seperti
perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan
baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan
pesanan, dan penyediaan servis melalui
penggunaan teknologi komunikasi, komputer, dan
data yang telah terkomputerisasi. (Steven Alter. Information System:
Foundation of E-Business. Prentice Hall. 2002)
b. E-business meliputi semua hal yang harus
dilakukan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk melakukan
kegiatan bisnis antar organisasi maupun dari organisasi ke konsumen. (Sid L.
Huff, dkk. 2000. Cases in Electronic Commerce. McGraw-Hill)
c. Penggunaan internet dan teknologi digital
lainnya untuk komunikasi, koordinasi, dan manajemen organisasi. (Kenneth C.
Laudon dan Jane P. Laudon. 2001. Esssentials of Management Information Systems:
Organization and Technology in Networked Enterprise. Prentice Hall)
d. E-business adalah mengenai penggunaan
teknologi internet untuk melakukan transformasi proses bisnis yang dilakukan.
Bentuk e-business yang paling mudah terlihat adalah pembelian barang secara
online baik retail maupun grosir. (Samantha Shurety.1999. E-business with
Net.Commerce. Prentice Hall)
e. Definisi e-business menurut IBM adalah sebuah
pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi untuk memberikan nilai bisnis
yang berbeda dengan mengkombinasikan sistem dan proses yang menjalankan operasi
bisnis utama dengan pemanfaatan teknologi internet. (Christoper Stoole. 2000.
E-business – Just What is It? http://ebusiness.about.com/industry)
f. Menghubungkan sistem teknologi informasi
tradisional dengan internet akan menjadi sebuah e-business. (Daniel Amor. 2000.
The E-business Revolution. Prentice Hall)
g. E-business adalah mengelola bisnis di
internet yang terkait dengan pembelian, penjualan, pelayanan terhadap konsumen,
dan kolaborasi antar rekan bisnis. Istilah e-business pertama kali digunakan
salah satunya oleh IBM pada tahun 1997. (SearchCIO.com)h. Perusahaan di
internet; Penggunaan internet untuk pengelolaan bisnis misalnya untuk menghubungkan
dengan konsumen, supplier, pekerja, dan rekan bisnis.; Perusahaan yang menggunakan
teknologi internet. (MSN Encarta)
i. Definisi e-business secara sederhana adalah
penggunaan internet untuk berhubungan
dengan konsumen, rekan bisnis, dan supplier.
Penggunaan internet menyebabkan proses bisnis menjadi lebih efisien. Dalam
penggunaan e-business, perusahaan perlu untuk membuka data pada sistem
informasi mereka agar perusahaan dapat berbagi informasi dengan konsumen, rekan
bisnis, dan supplier dan dapat bertransaksi secara elektronik dengan mereka
memanfaatkan internet.Beda e-business dengan e-commerce adalah ecommerce hanya
berupa transaksi secara elektronik di internet sedangkan e-business termasuk
juga pertukaran informasi secara online misalnya sebuah perusahaan manufaktur membagi
informasi persediaan bahan baku ke supplier, sebuah lembaga keuangan membagi informasi
tentang perbankan, credit card, dll dengan konsumen mereka, dan sebagainya. (Executive
Guides: Business To Customer www.netessence.com.cy)
j. E-bisnis adalah istilah yang digunakan untuk
menggambarkan bisnis yang dijalankan pada internet, atau penggunaaan teknologi
internet untuk meningkatkan produktivitas dan keutungan dari suatu bisnis. (http://www.wisegeek.com/what-is-ebusiness.htm)
Berdasarkan beberapa definisi e-bisnis yang dikemukakan
di atas, kita dapat menggabungkannya ke dalam suatu definisi e-business yang
utuh dengan melihat kesamaan dari setiap definisi tersebut dan
menggabungkannya. Kesamaan tersebut dapat kita lihat dari beberapa sudut
pandang, yaitu pelaku e-business, alat atau media atau sumber daya yang digunakan,
objek atau kegiatan yang menjadi sasaran, tujuannya, dan keuntungan yang diberikan.
Hasilnya sebagai berikut:
• Pelaku E-Business
‐ Organisasi, konsumen,
perusahaan, supllier, pekerja, rekan bisnis
• Alat/Media/Sumber Daya yang Digunakan
‐ Teknologi informasi dan
komunikasi
‐ Komputer, data yang
telah terkomputerisasi
‐ internet
• Kegiatan Sasaran
‐ Kegiatan bisnis
‐ Proses bisnis utama
‐ Pembelian,
penjualan,pelayanan, transaksi
‐ Operasi bisnis utama
• Tujuan
‐ Koordinasi, Komunikasi,
dan Pengelolaan organisasi
‐ Transformasi proses
bisnis
‐ Sharing informasi
• Keuntungan
- Pendekatan yang aman, fleksibel, dan
terintegrasi
- Memberikan nilai bisnis yang berbeda
- Efisien
- Peningkatan produktivitas dan keutungan
Dengan demikian, maka akan dengan mudah
mendefinisikan e-bisnis dalam satu arti utuh, yaitu: E-bisnis adalah penggunaan
teknologi informasi dan komunikasi oleh organisasi, individu, atau pihak-pihak
terkait untuk menjalankan dan mengelola proses bisnis utama sehingga dapat
memberikan keuntungan—dapat berupa berupa
keamanan, fleksibilitas, integrasi,optimasi, efisiensi, atau/dan
peningkatan produktivitas dan profit.
Contoh: Harian Kompas yang juga memiliki
e-bisnis Kompas Online. Kompas menjalankan proses bisnis utamanya berupa
penyediaan berita dan distribusinya, tidak lagi hanya melalui media cetak saja
tetapi juga melalui internet. Keutungan yang dapat diberikan Kompas online dapat
diakses oleh seluruh penduduk di Indonesia (bahkan dunia), up to date, memangkas biaya kertas, dapat
diakses 24 jam, dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar